Minggu, 25 Mei 2014

MENGENAL PERALATAN SABLON
Sebelum kita memulai dan mengetahui tentang teknis proses menyablon, alangkah baiknya kenal beberapa peralatan dan perlengkapan yang penting dalam sablon.
Pada kesempatan ini sablon jersey online ingin mengenalkan Peralatan inti yang harus kita siapkan beserta penjelasannya....!!!!!
1. Film sablon. Adalah kertas  atau kalkir atau film cetak berupa plastik yang berisi Model gambar/desain/tulisan yang bakal kita tuangkan dalam obyek sablon (kaos, kertas, plastik, karton, dsb. Film ini dapat di desain komputer lalu diprint menggunakan tinta laser atau kita bisa datang ke tempat yang menyediakan fasilitas print out film untuk cetak. Sebagai catatan kita harus menghindari menggunakan printer warna berbasis tinta cair untuk membuat film sablon , karena hasilnya kurang bagus/tajam). Desain sablon pada umumnya menggunakan program design grafis yang bernama Coreldraw/freehand ataupun Adobe photoshop.
2. Screen (baca: skrin), merupakan media yang digunakan untuk mengantarkan tinta sablon ke obyek sablon. Umumnya berupa kayu ada juga yang menggunakan aluminium yang disusun persegi empat kemudian dipasang kain khusus. Ada berbagai macam ukuran, kitapun bisa membuat ukuran sesuai dengan keinginan kita. Pada umumnya screen yang beredar dipasaran berukuran 30x40cm, 20×30 cm, sampe ada screen
ukuran Jumbo alias super besar jaga ada  yang biasa di buat untuk sablon spanduk.
3. Rakel. Berguna untuk menyapu tinta sablon yang ada di Screen supaya tercipta gambar di obyek sablon. Berbahan baku dari karet yang diberi pegangan kayu/aluminium khusus  memanjang.
4. Tinta sablon. Ada berbagai macam jenis dan nama tinta bergantung dari sablon apa yang anda inginkan. Ada tinta sablon untuk kertas, ada juga buat kaos, tinta sablon khusus plastik, tinta sablon untuk plat besei atau alumunium. tergantung pada media apa anda ingin memakai tinta sablonnya. Sebagai catatan jangan sampai kita salah membeli tinta sablon, untuk menghindari hasil yang kurang maksimal
5. Cairan-cairan pencampurberguna untuk mencampurkan tinta agar sesuai dengan tingkat kekentalan and warnanya. Bisa cairan M3, M3 Super, M4, tinner, minyak tanah, bensin dan sebagainya.
6. Meja sablon.  Meja sablon ni terbuat dari rangka besi ataupun kayu. Di bagian atas adalah kaca transparan, dan dibawahnya diletakkan lampu neon agar bisa terlihat jelas saat menyablon.
7. Hair dryer. Berguna untuk mempercepat proses pengeringan  media yang sudah di sablon.
8. Lampu Neon. Diletakkan di bawah kaca meja yang ditempel dengan rangka besi ataupun kayu.
9. Tempat penjemuran. Ini bisa berupa triplex panjang berukuran 1,5 meter untuk tempat menjemur kaos yang sudah disablon agar cepat kering. Jumlahnya tergantung banyaknya kaos yang disablon. Peran sinar matahari terik sangat dibutuhkan agar proses pengeringan lebih cepat.
10. Beberapa peralatan pendukung. Seringnya kita lebih banyak membutuhkan beberapa peralatan pendukung agar menyablon lebih mudah dan cepat. Banyak perlatan yng kadang tak terpikirkan malah bisa membantuk proses menyablon, disinilah kita semua dituntut untuk menuangkan kreatifitas kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar